Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Mura Diharapkan Berasal dari Putra Daerah

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Agustus 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura), Perdie M Yoseph dalam beberapa bulan kedepan, Anggota DPRD Kalteng, Henry berharap Pejabat Bupati (PJ) yang dipilih nantinya berasal dari putra daerah.

"Harapan kita pastinya PJ Bupati Mura nanti berasal dari putra daerah atau pejabat yang ada di ruang lingkup Pemprov Kalteng, karena tentu lebih mengerti kondisi daerah dan masyarakat Kalteng, khususnya Mura," ucapnya, Rabu, 2 Agustus 2023.

Legislator berasal dari Dapil IV meliputi DAS Barito ini mengatakan, memang pada dasarnya yang berwenang memilih atau menentukan PJ kepala daerah yaitu pihak Kemendagri, akan tetapi daerah juga berhak mengajukan usulan siapa saja pejabat potensial untuk menjadi PJ yang berasal dari putra daerah Kalteng.

"Disini kita tentu tidak berpikir dan bermaksud merendahkan kemampuan pejabat dari pusat, akan tetapi hal ini semata-mata mendengarkan aspirasi maupun suasana kebatinan masyarakat Kalteng dan Kabupaten Mura pada umumnya," ujarnya.

Disebutkan Henry, sebaiknya memang PJ kepala daerah itu harus berasal dari putra daerah, sebab selain juga memiliki kemampuan pada bidang pemerintahan, PJ juga hanya berperan sementara, tidak ada kewenangan penuh yang bisa diputuskan dalam hal-hal penting di daerah.

"PJ kepala daerah ini kan ada batas kewenangannya, tidak sepenuhnya keputusan dia ambil. Jadi sebaiknya pemerintah memberikan kesempatan kepada putra daerah agar bisa turut membangun daerahnya sendiri," tuturnya.

Diungkapkannya, sebelum PJ kepala daerah dipilih atau ditetapkan oleh Kemendagri, daerah berkesempatan mengusulkan nama-nama potensial berasal dari putra daerah, sehingga diharapkan nama-nama yang diajukan itu nantinya bisa dipertimbangkan dan dipilih.

"Harapan kita pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri dapat mengerti dan paham terkait harapan masyarakat khususnya di Kalteng, sehingga semua itu harus bisa dipertimbangkan dengan sebaik mungkin serta pilihan nantinya bisa diterima masyarakat," tandasnya. (DONNY D/J)


TAGS:

Berita Terbaru