Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak-anak dan Lansia Rentan ISPA dan Penyakit

  • Oleh Marini
  • 28 Agustus 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul mengatakan bahwa kasus infeksi saluran pernapasan (ISPA) menyerang pernapasan bagian hidung, trakea, atau paru-paru. 

ISPA, kata dia, rentan terhadap anak-anak usia 1-5 tahun dan kaum lanjut usia (lansia) diatas usia 60 tahun.

"Tidak hanya ISPA saja ya, namun rentan terhadap penyakit lainnya," ucapnya, Senin 28 Agustus 2023.

Dirinya menyatakan, pengidap ISPA perlu segera mendapatkan penanganan. Sebab, ISPA menyebabkan pengidapnya kesulitan bernapas, sehingga tidak bisa mendapatkan cukup oksigen.

Ia melanjutkan, anak-anak rentan ISPA karena daya tahan tubuh yang belum sempurna. Sedangkan, untuk lansia mengalami penurunan daya tahan tubuh. Salah satu cara agar menjaga kondisi pernafasan tetap prima yaitu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Hal demikian, ujarnya, agar partikel debu atau zat-zat berbahaya tidak langsung masuk secara cepat ke saluran pernafasan.

Ia juga memberitahukan, gejala umum yang biasanya dirasakan oleh pengidap ISPA, di antaranya batuk, pilek, demam, nyeri kepala, dan hidung tersumbat.

Kemudian, ISPA tidak hanya oleh faktor asap kebakaran hutan dan lahan saja. Namun bisa akibat dari pencemaran udara lainnya.

"ISPA ini di diagnosa sebagai keranjang sampah. Yang memiliki arti, semua penyakit termasuk batuk dan pilek masuk kesitu. Jadi, tidak hanya oleh faktor asap saja," bebernya. 

Dirinya pun menegaskan, bahwa pada usia anak-anak bahkan lansia sangat rentan terhadap penyakit lainnya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru