Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPBPK Kalteng: Penanggulangan Bencana Terdapat Tiga Tahapan

  • Oleh Marini
  • 30 Agustus 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ahmad Toyib mengatakan, penanggulangan bencana ada tiga tahapan yang perlu diperhatikan, yaitu pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana.

Tahapan pra bencana terdapat Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), rencana mitigasi, Rencana Penanggulangan Kedaruratan Nencana (RPKB), dan rencana kontijensi (Renkon). Tahapan tanggap darurat, terdapat Rencana Operasi (Renops).

Tahapan pasca bencana memuat rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana atau pemulihan.

"Penanggulangan bencana merupakan masterplan penanggulangan bencana pada suatu daerah, atau rencana terstruktur yang berisi pilihan tindakan beserta mekanisme," katanya, Rabu 30 Agustus 2023.

Ia mencontohkan, misalnya dalam RPB yang merupakan dokumen publik ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sesuai dengan kewenangannya untuk jangka waktu lima tahun. Yang dilegitimasi menjadi Peraturan Daerah (Perda) atau peraturan kepala daerah.

"RPB adalah bentukan RPJMD khusus bencana yang digunakan sebagai alat bantu utama dalam koordinasi penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah," terangnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru