Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dulu Dompet, Kini Smartphone

  • Oleh Budi Yulianto
  • 08 September 2023 - 00:57 WIB

 

Transaksi Non Tunai Semakin Diminati Masyarakat, Jumlah Merchant QRIS Meningkat

BORNEONEWS, Palangka Raya - Era digital saat ini berkembang sangat pesat. Hampir semua aktivitas melibatkan digital, baik untuk kepentingan pribadi, bersama, usaha dan lain sebagainya. Wajar, jika digital berpengaruh besar terhadap sendi kehidupan.

Tidak hanya menunjang sektor pendidikan, kesehatan, pekerjaan, hiburan, tapi juga sampai pada pelayanan dalam mempermudah transaksi. Namun, kemajuan ini harus diimbangi dengan wawasan dan inovasi, sehingga masyarakat semakin mudah merasakan manfaatnya. 

Seperti yang dilakukan Bank Sentral Republik Indonesia atau lebih sering dikenal dengan nama Bank Indonesia. Beragam inovasi tercipta demi memberikan pelayanan terbaik, sekaligus mendorong tumbuh kembangnya ekonomi digital. Salah satunya melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code dari Bank Indonesia agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. QRIS sudah terintegrasi dengan mobile banking dan mobile payment. QRIS dibangun oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), diluncurkan pada 17 Agustus 2019 dan berlaku sejak 1 Januari 2020.

Hadirnya QRIS semakin mempermudah masyarakat. Berbeda dengan dulu, ketika bertransaksi, harus membuka dompet, lalu mengambil uang dan membayar secara tunai. Bahkan, bisa saja kebingungan jika dompet tertinggal. Tapi sekarang, QRIS mengubah pola itu. Meski dompet tertinggal, masih bisa dilakukan transaksi non tunai hanya menggunakan smarphone. Tentu saja dalam smarphone itu sudah terintegrasi dengan aplikasi yang mendukung pembayaran tersebut.

Transaksi non tunai ini juga semakin diminati masyarakat. Seiring dengan itu, jumlah merchant (pelaku usaha) QRIS terus bertambah. Ini membuktikan jika inovasi yang dilakukan Bank Indonesia termasuk Bank Indonesia Kalimatan Tengah, berhasil.

Kemudahan QRIS diakui para penggunanya. Seperti yang diutarakan seorang pria di Palangka Raya yang akrab disapa Pak Dewo. Ia menyebut, dengan QRIS, transaksi  menjadi lebih mudah dan efisien. “QRIS memang mudah sekali. Proses transaksi lebih cepat," ujar Dewo, Selasa, 5 September 2023. 

Dewo menuturkan, menggunakan QRIS sudah sejak 2022. Biasanya, ia memanfaatkan transaksi non tunai ini untuk keperluan transfer usaha tiket pesawat. Dia menyebut, dengan menggunakan QRIS, tidak perlu lagi mengetik semua nomor rekening. “Jadi saya tidak ngetik nomor rekening lagi. Saya minta rekanan agar QRIS difotokan, lalu dibarcode, selesai. Lebih mudah. QRIS bisa digunakan untuk orang yang punya mobile banking. Semua mobile banking ada tombol QRIS-nya. Memakai DANA juga bisa mas. Lebih mudah,” terangnya. 

Tidak hanya untuk keperluan tersebut, QRIS biasanya juga ia gunakan untuk keperluan membayar makan dan berbelanja di toko. “Sekarang banyak warung yang memiliki QRIS. Saya pernah makan soto banjar dan nasi kuning di pasar. Saya pakai QRIS untuk membayarnya. Pernah juga memakai QRIS ketika berbelanja sepatu di pasar. Yang penting, asal bawa HP (smartphone) dan dalam rekening ada saldonya,” cerita Dewo sambil tersenyum.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bersama Bank Indonesia perwakilan Kalteng memang meresmikan pasar siap QRIS di Pasar Kahayan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Perindustrian Kota Palangka Raya Samsul Rizal melalui Kepala Bidang Perdagangan, Hadriansyah menyampaikan, penambahan opsi pembayaran secara non tunai menggunakan QRIS code itu mendapat respon positif pedagang. Bahkan, kurang lebih 31 pedagang di Pasar Kahayan telah menggunakan QRIS code sebagai opsi pembayaran non tunai, selain pembayaran tunai.         

Hadriansyah mengatakan, teknis penggunaan QRIS telah disosialisasikan oleh Bank Indonesia di kawasan tersebut. Sejauh ini, kehadiran QRIS cukup membantu para pedagang karena proses pembayaran menjadi lebih cepat, praktis dan efisien.

Berita Terbaru