Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ADD Rp45,2 Miliar Untuk 121 Desa di Tabalong Sudah Masuk ke Kas Daerah

  • 13 April 2016 - 10:21 WIB

BORNEONEWS, Tabalong - Dana bantuan untuk 121 desa di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional 2016 telah masuk ke kas daerah setempat sebesar Rp45,2 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Kabupaten Tabalong Mahdi Noor menyebutkan, dana desa tahun ini akan disalurkan dua tahap dan yang sudah terealisasi baru sekitar 60%.

"Dana desa tahap pertama sudah masuk ke kas daerah untuk selanjutkan disalurkan ke seluruh desa sesuai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa," jelas Mahdi.

Sementara Kabid Perbendaharaan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Subqi menambahkan, sisa dana desa sebesar 40 persen akan direalisasi Agustus 2016.

"Penyaluran dana desa nantinya difasilitasi Badan Pemberdayaan Masyarakatdan Pemerintahan Desa ke masing-masing kas desa dengan ketentuan harus sesuai APB Desa," jelas Subqi.

Kas desa yang dikeluarkan oleh bendahara desa nantinya digunakan sesuai APB Desa mengacu pada peraturan Bupati Tabalong Nomor 51/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Termasuk untuk operasional pemerintahan desa mencakup belanja aparatur, tunjangan BPD, tim pelaksana desa, insentif RT hingga bisa pemeliharaan alat-alat kantor.

Sementara pemberdayaan masyarakat desa di antaranya insentif Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), peningkatan pendapatan asli desa, pemberdayaan prasarana sosial, sarana dan prasarana pendidikan dasar dan penyelenggaraan pilkades. (ANT/*)

Berita Terbaru