Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi Nasdem Pertanyakan Kenapa Pemkab Tidak Mengizinkan Alfamart dan Indomaret Masuk Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 September 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Juru bicara Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Barito Timur, H Rusli, mempertanyakan alasan pemerintah daerah hingga kini tidak mengizinkan perusahaan waralaba retail atau minimarket seperti Alfamart dan Indomaret masuk ke Barito Timur.

Pertanyaan tersebut muncul di penghujung Rusli menyampaikan pemandangan umum fraksi pendukung dewan terhadap Raperda pajak daerah dan retribusi daerah yang diajukan oleh eksekutif pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Nursulistio, Jumat, 15 September 2023.

"Izin saya tanyakan kepada pemerintah daerah, kenapa tidak merekomendasikan adanya pajak yang bisa kita pungut dari Indomaret dan Alfamart, saya mohon penjelasan dari pihak eksekutif, saya mohon dicatat ini," tegasnya.

Saat diwawancarai usai rapat Ketua DPRD menjelaskan, selain membacakan pemandangan umum, dalam rapat tersebut setiap fraksi menyampaikan dokumen pemandangan umumnya kepada pimpinan DPRD mengenai raperda pajak daerah dan retribusi daerah yang diajukan oleh eksekutif.

"Kami berharap setelah penyampaian pemandangan umum fraksi pendukung dewan ini, dijawab dan ditanggapi oleh kepala daerah secara detail termasuk di akhir penyampaian dari fraksi Nasdem yang mempertanyakan kenapa Alfamart dan Indomaret tidak diizinkan masuk Barito Timur agar kita mendapatkan pendapatan daerah yang pasti dan memberikan pelayanan publik ke masyarakat, kenapa sejauh ini belum ada (Alfamart dan Indomaret), silahkan secara teknis kepala daerah yang menjawab," ucap Nursulistio.

Dia juga berharap dengan terbentuknya Perda pajak daerah dan retribusi daerah nanti dapat menunjang peningkatan pendapatan daerah.

"Tentu nanti Perda ini harus ditindaklanjuti dengan Perkada (peraturan kepala daerah) maupun Perbup (peraturan bupati) supaya lebih rinci, mendetail dan dilaksanakan, karena pajak dan retribusi merupakan sektor yang menunjang pendapatan daerah," imbuh Ketua DPRD.

Rapat paripurna penyampaian pemandangan umum fraksi pendukung dewan dihadiri Wakil Ketua DPRD Ariantho S Muler, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, para anggota DPRD, Asisten I Sekda, perwakilan Kejari Barito Timur, kepala perangkat daerah terkait serta tamu undangan lainnya.

Pada rapat tersebut setiap fraksi dengan diwakili oleh juru bicara masing-masing secara bergantian membacakan pemandangan umum fraksinya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru