Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Memanas, Begini Situasi di PT HMBP 1 Desa Bangkal Menurut Kapolres Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 21 September 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Situasi di PT Hamparan Massawit Bangun Persada  (HMBP)1 di Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, dinyatakan dalam keadaan kondusif.

Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow mengatakan, sebelumnya situasi sempat memanas lantaran ada sekelompok  orang dengan menggunakan  mobil pikap hendak membuat  sedikit kericuhan.

Guna mengamankan situasi di lapangan, personel kepolisian dari satuan Brimob Polda Kalteng, terpaksa menggunakan  gas air mata untuk membubarkan.

“Saat ini situasi dalam keadaan kondusif, sebelumnya juga sempat digelar pertemuan  antara perwakilan masyarakat, DAD dan pihak perusahaan, guna mencari penyelesaian terbaik terkait tuntutan masyarakat,“ kata Kapolres Seruyan, Kamis malam, 21 September 2023.

Kapolres berharap, situasi di wilayah setempat tetap dalam keadaan  kondusif. Saat ini personel kepolisian dari Polda Kalteng dan Polres Seruyan terus  bersiaga di lokasi.

Masyarakat Desa Bangkal saat ini tengah menggelar aksi damai di lokasi perusahaan  PT Hamparan Massawit Bangun Persada  (HMBP) 1.

Beberapa tuntutan disuarakan warga dalam aksi ini, masyarakat Desa Bangkal menuntut PT HMBP I memberikan 20 persen plasma dari luasan Hak Guna Usaha (HGU) lahan inti dari PT HMBP I.

Kemudian, masyarakat Desa Bangkal menuntut lahan yang berstatus di kawasan hutan dengan luas kurang lebih 1.175 hektare, dikelola oleh masyarakat sendiri.

Selanjutnya, kiri kanan jalan negara, pinggir danau dan sungai kurang lebih 500 meter yang masuk areal PT HMBPI harus dikembalikan dan diserahkan kepada masyarakat Desa Bangkal.

Selain itu, ada beberapa tuntutan dari masyarakat Desa Bangkal yang dianggap penting dan perlu mendapat perhatian dari PT HMBP I. ( FAHRUL/J) 

Berita Terbaru