Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Palangka Raya Masih Godok Retribusi untuk Rumah Potong Unggas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 September 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya masih menggodok retribusi untuk Rumah Potong Unggas atau RPU Kalampangan.

Seperti diketahui, Operasional Perdana Rumah Potong Unggas ini berada di Kawasan Rumah Potong Hewan, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya baru dilaksanakan pada Jumat, 22 September 2023 lalu untuk pertama kalinya.

"Untuk retribusinya ini sedang digodok di perda retribusi, nantinya ada," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak, DPKP Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno pada Minggu, 24 September 2023.

Ganjar menjanjikan retribusi yang ditarik sebagai Pendapatan Asli Daerah atau PAD tidaklah besar, mengingat unggas merupakan salah satu ternak yang paling banyak dikonsumsi masyarakat.

"Tidak mahal kok per ekornya, tapi kita masih kaji untuk retribusi ini hanya saja pesan Pak Wali jangan terlalu besar karena ini kan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga," tuturnya lagi.

RPU ini juga menurut Ganjar dapat dimanfaatkan untuk menghitung dan mengontrol jumlah pemotongan hewan atau unggas kemudian limbah pemotongan juga dapat ditangani dengan baik.

"Serta harapannya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru