Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Dayak Miliki Nilai Pancasila Sebagai Kearifan Lokal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 September 2023 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng, Katma F Dirun mengingatkan nilai-nilai pancasila dalam kearifan lokal Suku Dayak.

“Jauh sebelum ada Pancasila, masyarakat Dayak telah memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang mengandung nilai Pancasila yang luhur atas perjanjian Tumbang Anoi,” ungkapnya saat mengisi kegiatan kepemimpinan dan kapasitas aparatur desa di Palangka Raya, Senin, 25 September 2023.

Ia mengatakan hanya dengan kearifan lokal kita bisa membangun hubungan emosional dalam melaksanakan kepemimpinan dengan hati kepemimpinan Huma Betang.

Katma menyampaikan muai dari segi spiritualitas yakni campur tangan Tuhan, kemudian Mendahulukan dan menghormati ajaran para tetua.

Di sana orang tua mampu memberikan arahan atas pengalaman hidupnya bagi generasi selanjutnya. Kemudian, budaya rumah betang, musyawarah antar masyarakat adat, dan keadilan.

“Kepemimpinan itu adalah sebuah sistem melibatkan orang lain, proses kepemimpinan inilah yang memiliki interaksi antara manusia dengan manusia lainnya,” tuturnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru