Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Timur: Kita Berterima Kasih kepada Pencetus Ideologi Pancasila

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Oktober 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur dan berterima kasih kepada para pencetus Pancasila sehingga Pancasila bisa menjadi ideologi dan pemersatu bangsa.

Dia pun mengajak masyarakat Barito Timur untuk mengamalkan butir-butir nilai yang terkandung dalam setiap sila dasar negara tersebut.

"Dan kita sebagai warga negara melalui amanat dalam nilai-nilai Pancasila mari bersama-sama kita mengamalkan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat agar apa yang diamanatkan oleh para pejuang dapat kita lanjutkan dengan sebaik-baiknya," ujarnya saat diwawancarai usai menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di GPU Mantawara Tamiang Layang, Senin, 2 Oktober 2023.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang biasanya dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober dipindahkan pada hari berikutnya karena tanggal 1 Oktober bertepatan dengan hari Minggu. Selain itu upacara yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Panahan Moetar itu juga dilaksanakan secara sederhana di dalam gedung karena kabut asap yang melanda Barito Timur.

Dalam keterangannya Panahan Moetar mengatakan, upacara itu dilaksanakan untuk menegaskan kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI adalah harga mati bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Berikutnya terima kasih kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa bahwa hari ini kita masih bisa melaksanakan peringatan Hari Kesakitan Pancasila," kata Panahan.

Sekda juga menegaskan bahwa upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang gugur dalam melakukan tugasnya untuk melindungi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Republik Indonesia.

“Kita mengetahui sejarah perjuangan bangsa ini, khusunya dalam mempertahankan Pancasila. Seluruh suku dan agama sudah bertekad bahwa dasar negara kita adalah Pancasila dan ini dipertahankan sedemikian rupa dengan darah dan air mata,” katanya.

Menurut Panahan, tugas menjaga dan mengamalkan Pancasila bukan hanya diserahkan kepada pemerintah, namun juga kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada.

“Sampai saat ini berbagai cobaan dan tantangan untuk mengganti ideologi Pancasila sudah terjadi, namun terbukti Pancasila itu sakti dan sampai sekarang para pemimpin bangsa melanjutkan perjuangan itu berhasil mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara kita,” ujarnya.

Sekda berharap melalui peringatan Hari Kesakitan Pancasila, masyarakat Barito Timur dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara dan mengamalkan Pancasila.

“Oleh sebab itu, masyarakat khususnya ASN kita harus menghargai perjuangan para pendahulu bangsa untuk mempertahankan Pancasila. Saya kira ini adalah satu-satunya di dunia ini dasar negara kita Pancasila yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa agama. Kita bersyukur dan wajib meneruskan perjuangan ini,” pesannya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru