Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Catat Inflasi Komoditas Gula

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Oktober 2023 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat mencatat adanya inflasi di komoditas gula pasir dalam beberapa bulan terakhir.

“Setelah mengalami peningkatan pada Juli dan Agustus, harga gula pasir kembali meningkat pada September 2023 sebesar 1,39 persen (m-to-m),” sebut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS Pudji Ismartini saat rakor secara virtual bersama pemerintah daerah dan leading sektor terkait, Senin, 9 Oktober 2023.

Selain itu harga jagung pipitan di tingkat pedesaan (petani) mengalami kenaikan pada September 2023 dengan inflasi 1,41 persen.

“Inflasi jagung pipitan ini menyumbang andil terhadap komponen Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM) sebesar 0,0061 persen,” jelasnya.

Namun tidak semua komoditas terus mengalami inflasi komoditas lain ada yang mengalami penurunan harga atau deflasi salah satunya komoditas bawang putih.

“Setelah persisten mengalami inflasi sepanjang Januari hingga Juli 2023, bawang putih mulai menunjukkan penurunan harga pada dua bulan terakhir,” tuturnya.

Ia menyampaikan secara bulan ke bulan (m-to-m) bawang putih mengalami deflasi sebesar 2,71 persen dengan menyumbang andil deflasi sebesar 0,01 persen pada September 2023. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru