Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLUD RSUD Pulang Pisau Serius Tangani Limbah Medis

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 26 Oktober 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Direktur BLUD RSUD Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, sampai saat ini dalam penanganan limbah medis pihaknya telah bekerjasama dengan pihak ketiga.

Dalam penanganannya, dilakukan dengan cara pengecekan serta pemantauan yang bertujuan agar limbah medis tidak dibuang sembarang tempat seperti di laut, sungai atau dengan cara membakar.

"Saya pastikan, penanganan dan pembuangan limbah medis sudah sesuai dengan prosedur agar tidak menimbulkan dampak dan  resiko pencemaran lingkungan serta kesehatan masyarakat,"ucapnya, Kamis, 26 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, dalam penanganan limbah medis juga telah melakukan kajian sehingga tidak terjadi dampak pencemaran lingkungan. Sebab, pembungan limbah medis tidak dilakukan disembarang tempat.

"Seperti limbah infus, jarum suntik, masker bekas, sarung tangan bekas, perban, makanan dan minuman ini harus dipastikan dibuang pada tempatnya. Sebab, apabila limbah medis tidak dikelola dan ditangani dengan baik dikuatirkan dapat berdampak buruk karena beresiko menimbulkan zat radioaktif,"jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum dilakukan pembuangan limbah medis, petugas melakukan pemilahan dikarenakan limbah yang telah dibuang ada yang masih bisa di daur ulang dan ada yang harus dimusnahkan.

"Dalam pemusnahan limbah medis tidak mesti harus dibakar sembarangan karena bisa menimbulkan pencemaran lingkungan namun ada cara tersendiri dalam penanganannya,"tutupnya. (M PRADILA KANDI/H)

Berita Terbaru