Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanggulangan Bencana Tanggung Jawab Bersama

  • Oleh Ramadani
  • 10 November 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Penjabat (Pj) Kabupaten Bupati Barito Utara, Drs Muhlis berpesan kepada semua pihak bahwasanya dalam penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah daerah, pihak perusahaan maupun seluruh masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eveready Noor  pada kegiatan ekspose akhir pembuatan dokumen kajian resiko bencana, rencana penanggulangan bencana dan rencana kontijensi bencana di Kabupaten Barito Utara, di salah satu aula hotel dalam kota Muara Teweh, Kamis, 9 November 2023.

“Saya berpesan kepada semua pihak, bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama. Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan output serta kebijakan yang terbaik untuk masyarakat di daerah ini,” kata Eveready Noor.

Pj Bupati juga berharap kepada seluruh stakeholder terkait, mengingat saat ini memasuki musim penghujan, akan tetapi dengan pengaruh kondisi iklim el nino, sehingga hampir seluruh bagian wilayah indonesia dilanda kekeringan, oleh sebab itu lakukan langkah-langkah mitigasi terhadap bahaya bencana kekeringan, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah ini.

Dan, kata dia, kepada stakeholder terkait, Pj Bupati melalui Asisten Sekda meminta lakukan kaji banding ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta Badan Penanggulangan Bencana Nasional terkait upaya-upaya apa saja yang perlu diantisipasi oleh pemerintah daerah akibat dampak bencana alam terhadap keberlanjutan ekosistem makhluk hidup di Kabupaten Barito Utara.

“Kepada para Camat, saya meminta agar saudara-saudara nantinya setelah kegiatan ini, dapat mensosialisasikan ilmu yang didapat kepada para Lurah, Kepala Desa, Ketua BPD, unsur Tripika dan seluruh masyarakat di masing-masing kecamatan agar selalu waspada terhadap bencana, serta tidak melakukan aktivitas yang merugikan orang lain,” kata dia.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati meminta kepada seluruh stakeholder agar terus bersinergi, berkolaborasi agar kedepannya Kabupaten Barito Utara menjadi lebih siap dalam mengendalikan bencana serta mengambil kebijakan-kebijakan strategis yang terdampak bencana. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru