Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Lampu Lalu Lintas Tak Berfungsi, Begini Penjelasan Dishub Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 November 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjelaskan tidak berfungsinya sejumlah lampu lalu lintas di Kota Sampit.

"Lampu lalu lintas simpang empat Pramuka untuk yang dari arah Jalan Pramuka menuju Jalan Pemuda itu karena bias lampunya kurang terang, sehingga saat siang lampu yang menyala tidak terlihat," kata Kepala Dishub Kotim Suparmadi melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Rino Mulya, Jumat, 10 November 2023.

Lanjutnya, lampu lalu lintas di simpang empat Jalan RA Kartini-S Parman, simpang empat di belakang rumah Jabatan Bupati Kotim dan simpang tiga perpustakaan daerah bermasalah karena salah satu sisi lampu hijau terus menyala. Sehingga kendaraan saling bersimpangan.

"Kalau di simpang empat Tidar sempat mengalami hal serupa tetapi lampu kuning yang terus menyala," ujarnya.

Permasalahan lampu hijau terus menyala juga dijumpai di simpang Jalan Pelita-HM Arsyad, sehingga Dishub Kotim memutus sementara kabel NBC hingga komponen di dalam box kontrol diperbaiki.

Keanehan lampu lalu lintas muncul di simpang empat Jalan Kapten Mulyono-MT Haryono. Pengatur lalu lintas yang fungsional sejak terjadi kecelakaan dan merenggut nyawa seorang pengendara sepeda motor itu beberapa kali terpantau hanya berkedip kuning atau flashing saat jam sibuk.

Seharusnya, sesuai pengaturan lampu lalu lintas di simpang empat Jalan Kapten Mulyono-MT Haryono berfungsi pukul 06.00-20.00 WIB dan flashing mulai pukul 20.00-05.00 WIB.

"Lampu lalu lintas sejumlah titik yang disebutkan itu mengalami kerusakan komponen timer yang berada di box kontrol. Komponen itu berfungsi untuk mengatur durasi lampu lalu lintas," jelasnya. 

Hingga kini, terpantau lampu lalu lintas simpang RA Kartini- S Parman, simpang tiga Perpustakaan daerah, simpang Pelita-HM Arsyad tidak diaktifkan.

"Untuk di Pelita-HM Arsyad insyaallah hari Minggu atau Senin kami lakukan perbaikan karena teknisi kami sedang sakit," imbuhnya.

Dia mengatakan, lampu lalu lintas yang ada saat ini menggunakan sistem timer dan sudah tua, kecuali yang berada di simpang empat wella sudah memakai sistem Area Traffic Control System (ATCS).

Pihaknya terus melakukan perbaikan lampu lalu lintas dan telah mengusulkan penggantian box kontrol.

"Kami berharap, ke depan lampu lalu lintas yang sudah tua ini diganti dengan sistem ATCS seperti di simpang Wella. Sistem yang baru itu durasi lampu menyala otomatis menyesuaikan dengan arus lalu lintas," kata dia. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru