Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

P3APPKB Kalteng Bangun Desa Ramah Anak dan Perempuan di Barsel

  • Oleh Marini
  • 11 November 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar kegiatan Advokasi Pembangunan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Sabtu, 11 November 2023.

Dengan tujuan untuk mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Anak (DRPPA), dengan mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara menyeluruh serta berkelanjutan," ujar Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Kualitas Keluarga Evangelis, pada Sabtu, 11 November 2023.

Kata Evangelis, membangun desa dalam berbagai bentuk inovasi dapat berkontribusi positif bagi perempuan dan anak. Karena sekitar dua-pertiga penduduk desa adalah perempuan dan anak.

Serta menjadi strategi untuk mencapai akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), di seluruh desa Kabupaten Barsel. 

"Mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan," harapnya.

Tidak kalah penting, ia juga mengarahkan pemerintahan desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khususnya perempuan dan anak.

Menurutnya, memenuhi hak atas perlindungan perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta tersedia sarana dan prasarana publik yang ramah perempuan dan anak. (MARINI/H)

Berita Terbaru