Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemerintah Daerah Lakukan Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Bencana

  • Oleh Marini
  • 15 November 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak meminta pemerintah daerah dapat fokus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana. Terutama, dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun banjir. 

"Seperti kita ketahui ketika musim kemarau karhutla pasti terjadi dan ketika penghujan sejumlah wilayah banjir. Maka ini ini harus betul-betul diperhatikan dengan serius," katanya, Rabu, 15 November 2023.

Ia menuturkan, dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan pemerintah daerah harus bisa mempersiapkan anggaran maupun sarana, fasilitas dan lainnya.

Setiap kejadian bencana supaya dievaluasi apa yang perlu ditingkatkan, seperti karhutla sarana pemadaman seperti sumur bor perlu ditambah disetiap titik rawan agar upaya pemadaman bisa cepat dilakukan.

"Hal ini bertujuan agar tidak terulang setiap tahunnya, perlu adanya evaluasi dan penanganan sedini mungkin dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana," tuturnya.

Ia pun mengimbau, ada upaya antisipasi seperti menggencarkan penanaman hutan gundul hingga melakukan pengerukan terhadap sungai yang mengalami pendangkalan.

Sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana. Pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat didalamnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru