Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKPSDM Barito Timur Gelar Try Out untuk Calon Praja IPDN

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 November 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Kabupaten Barito Timur menggelar Try Out atau percobaan tes masuk untuk calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN, dimulai Jumat, 17 November 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala BKPSDM Jhon Wahyudi dan dihadiri Sekretaris BKPSDM Royani Stanza, Kabid PFMP2ID Sapta Prasetyo, Kabid PKPKA serta narasumber.

"Try out ini kami laksanakan dua hari yaitu hari ini dan besok serta diikuti oleh 30 orang yang berasal pelajar kelas XII dan lulusan tahun sebelumnya," kata Kepala BKPSDM Jhon Wahyudi saat diwawancarai usai membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, try out diadakan oleh BKPSDM agar para peserta mendapatkan gambaran seperti apa tes pada saat mengikuti seleksi masuk IPDN pada tahun 2024 nanti. Materi yang didapatkan dalam try out tersebut yaitu kompetensi dasar, kemudian para peserta juga dibimbing untuk tes jasmani seperti tes samapta A dan tes samapta B serta tes psikologi.

"Narasumber berasal dari alumni IPDN atau senior mereka yang berdinas di Barito Timur," jelas Jhon Wahyudi.

Menurutnya, untuk tahun 2024 persaingan antar calon praja IPDN akan semakin ketat karena kuota Kalimantan Tengah yang diperebutkan hanya 15 kursi.

"Kalau untuk tahun 2024 nanti, kuota Kalimantan Tengah hanya 15, kalau tahun-tahun sebelumnya kuotanya bisa sampai 32," ungkap Kepala BKPSDM.

Dia berharap para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan serius namun tetap tetap rileks, kemudian secara mandiri tetap belajar karena tes kali ini hanya sekedar gambaran seperti apa yang akan mereka hadapi nanti.

"Kami berharap mereka bisa mengikuti bimbel (bimbingan belajar) secara online maupun bimbel yang ada di tempat terdekat untuk membekali diri lebih lagi menghadapi tes masuk IPDN tahun depan," tandasnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru