Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

17 Desa Ikut Lomba Kebersihan Piala Bupati Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 April 2016 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak 17 desa di Kabupaten Katingan bakal berebut piala bergilir dari Bupati Katingan dalam lomba kebersihan tingkat desa se Kabupaten Katingan awal Mei 2016.

Hal ini terungkap saat panitia lomba kebersihan dalam hal ini BLH Kabupaten Katingan menggelar rapat persiapan lomba di Aula Kantor BLH setempat, Selasa (26/4) sore.

Menurut Kepala BLH Katingan Hap Baperdo, pada lomba kebersihan 2016 ini ada tiga kategori lomba, yakni pemukiman masyarakat di Kasongan, sekolah di Kota Kasongan, dan lomba kebersihan pemukiman masyarakat desa di 13 kecamatan di Kabupaten Katingan. Khusus untuk lomba kebersihan tingkat desa ini, kata Hap Baperdo, masing-masing kecamatan hanya diperbolehkan maksimal menunjuk dua desa yang akan diikutsertakan pada penilaian lomba desa itu.

Namun, Hap Baperdo menjelaskan, dari 13 kecamatan yang ada, dua kecamatan tidak ikut serta, yakni Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Tasik Payawan. Sementara 11 kecamatan lainnya siap dan sudah menunjuk desa masing-masing untuk dilombakan.

Kecamatan Petak Malai, misalnya menunjuk Desa Tumbang Habangoi. Sementara Kecamatan Sanaman Mantikei Desa Tumbang Kanei. Kecamatan Katingan Hulu ada Desa Kiham Batang, Kecamatan Marikit menunjuk dua desa, yaitu Desa Rangan Surai dan Desa Buntut Leleng.

Pun demikian Kecamatan Katingan Tengah yang mempercayakan dua desanya, yaitu Desa Tumbang Kalemei dan Desa Tumbang Lahang. Sedangkan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing mempercayakan Desa Tewang Rangkang. Kemudian Kecamatan Pulau Malan Desa Tumbang Lawang, Kecamatan Katingan Hilir Desa Tumbang Liting dan Desa Telangkah. Kecamatan Kamipang Desa Keruing dan Perupuk. Kecamatan Mendawai Desa Mendawai dan Desa Mekar Tani. Kecamatan Katingan Kuala Desa Bangun Jaya dan Desa Selat Baning.

Hap Baperdo mengatakan, para pemenang lomba kebersihan ini selain mendapat piala bergilir dari Bupati Katingan, juga bakal mendapatkan uang pembinaan.

"Untuk uang pembinaan ini terbaik pertama akan mendapat Rp25 juta, keduaRp 20 juta, ketiga Rp15 juta. Selain itu harapan pertama, dua dan tiga juga mendapatkan uang pembinaan," sebutnya.

Terpisah, Camat Katingan Hilir, Ardiansyah mengaku gembira dengan adanya lomba kebersihan itu. "Dengan adanya lomba kebersihan ini, maka desa-desa yang ada berlomba untuk membiasakan budaya bersih dan indah, dan mudah-mudahan daerah kita bisa menjadi yang terbaik," harapnya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru