Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Ikuti Rapat Tindaklanjut Audit Kasus Stunting

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Desember 2023 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kapuas telah digelar dalam rangka tindak lanjut audit kasus stunting semester II tahun 2023, bertempat di aula rujab bupati setempat.

Dalam rapat ini juga diikuti jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, yang mana rapat ini adalah rangkaian dari kegiatan audit kasus stunting dengan mengambil sampel di Desa Banama, Kecamatan Pulau Petak.

Adapun sampel audit adalah dari kelompok risiko stunting seperti ibu hamil, ibu nifas, balita dan baduta masing-masing satu sampel.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Kapuas, dr.Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan dalam rapat dirinya memastikan bahwa pihaknya tetap melaksanakan intervensi spesifik.

"Melalui semua puskesmas sesuai tupoksi Dinas Kesehatan dalam struktur TPPS Kabupaten Kapuas," katanya, Senin, 11 Desember 2023.

Sementara, dalam paparannya Kepala Puskesmas Sei Tatas Agat mengulas kondisi kesehatan, sosial ekonomi, ketersediaan sanitasi air bersih dan jamban sehat dari dari 4 sampel tersebut. 

Dari paparan tersebut tergambarkan bahwa beberapa penyebab terjadinya stunting adalah multidimensi seperti kurangnya asupan gizi yang cukup, tidak tersedianya akses terhadap air bersih dan jamban sehat serta tidak mempunyai Jaminan Kesehatan (JKN).

“Puskesmas Sei Tatas sudah melakukan intervensi sesuai saran dari tim pakar AKS dan terdapat progress positif yang dicapai,” jelasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru