Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Utara Apresiasi Pelaksanaan Operasi Katarak

  • Oleh Ramadani
  • 18 Desember 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bakti sosial (Baksos) operasi katarak di RSUD Muara Teweh dilaksanakan dengan bekerjasama antara Pemkab Barito Utara dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Kegiatan tersebut diapresiasi dan didukung oleh Ketua DPRD Barito Utara Mery Rukaini.

 “Atas nama pribadi dan lembaga Legislatif, saya sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan operasi katarak bagi warga di daerah ini,” kata Mery, Senin 18 Desember 2023.

Penderita katarak, kata dia, saat ini masih menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Penyakit katarak disebabkan oleh beberapa faktor antara lain proses penuaan, mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka waktu lama, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, paparan sinar matahari yang lama pada mata, paparan toksin, riwayat keluarga yang mengidap katarak, dan operasi pada mata.

“Gejala awal penyakit katarak ini masih banyak belum diketahui oleh warga masyarakat, sehingga jika dibiarkan dapat menjadi katarak. Oleh sebab itu saya meminta kepada para tenaga medis juga memberikan edukasi tentang merawat kondisi kesehatan matanya,” ucap Hj Mery.

Politisi Partai Demokrat Barito Utara ini juga berharap, melalui operasi katarak ini dapat memberikan keringanan dan kesembuhan kepada warga masyarakat di daerah ini yang mengalami gangguan penyakit katarak ini.

“Harapan kita semua bahwa dengan operasi katarak ini dapat mengurangi jumlah masyarakat kita yang terkena penyakit katarak yang akan berobat dan dioperasi namun terkendala oleh biaya,” ucapnya.

Dirinya juga berpesan kepada tenaga medis yang ikut dalam melaksanakan proses operasi agar sebelum dan sesudah melaksanakan operasi katarak dapat memberikan edukasi kepada para peserta operasi agar tetap menjaga kesehatan mata dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit katarak.        

Ia juga menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim dari Perdami dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih yang mau datang ke Kabupaten Barito Utara untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial operasi katarak ini.

“Diharapkan kedepannya banyak lagi kegiatan bakti sosial di bidang lain dapat kita kerjakan bersama-sama demi kepentingan masyarakat di daerah ini," katanya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru