Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Pasang Kamera Pengawas dan Videotron di Muara Teweh

  • Oleh ANTARA
  • 05 Januari 2024 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemkab Barito Utara memasang kamera pengawas dan sarana publikasi informasi berupa videotron di beberapa bagian Kota Muara Teweh sebagai bagian dari penerapan program kota cerdas.

"Alhamdulillah pada tahun 2023 kita telah melakukan pengadaan 50 mata CCTV, videotron, dan display banner pada beberapa titik krusial di Muara Teweh," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Barito Utara Mochamad Ikhsan di Muara Teweh, Jumat, 5 Januari 2024.

"Di lokasi tertentu menggunakan CCTV berteknologi tinggi dan ke depannya titik-titik krusial lainnya akan kita lengkapi," kata Ikhsan.

Ia menyampaikan bahwa videotron dan sarana displai nantinya bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin mempublikasikan informasi.

"Videotron dan display banner telah terpasang di beberapa titik lokasi publik dan bisa digunakan untuk dashboard publikasi oleh siapapun. Dan kini kami tengah menunggu terbitnya Perda dan Perbup mengenai tarif sewa untuk komersil sebagai penunjang pendapatan asli daerah," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pengoperasian CCTV maupun sarana publikasi informasi berpusat di Network Operation Center (NOC) Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Kominfosandi) Kabupaten Barito Utara.

Kepala Bidang e-Governmment Dinas Kominfosandi Barito Utara Munawar Khalil menyampaikan bahwa perangkat CCTV dibutuhkan untuk mendukung pemantauan kegiatan warga di kota-kota besar.

"Di samping untuk keamanan, CCTV ini bahkan bisa memantau gerak warga sampai ke aspek kebersihan dalam mendukung smart environment," katanya.

Ia menyampaikan bahwa idealnya perangkat CCTV semestinya dipasang di area-area publik maupun lingkungan permukiman warga yang rawan kejahatan maupun kecelakaan.

"Ketika ada sumber panas seperti kebakaran, CCTV mengawasi 24 jam, lalu secara otomatis mengirimkan notifikasi lokasi kebakaran secara cepat ke komputer pihak yang berwenang," kata Munawar.

Selain memasang CCTV dan sarana informasi digital, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Barito Utara telah menyediakan fasilitas akses internet di 25 lokasi dalam Program Layanan Internet Desa atau LINDA.

 ANTARA

Berita Terbaru