Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Kematian Ibu di Kalteng Rendah

  • Oleh Marini
  • 16 Januari 2024 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul mengatakan, saat ini pihaknya sedang menangani pencegahan angka kasus kematian ibu, dan ia bersyukur di provinsi ini angkanya rendah.

Angka kematian ibu di wilayah Kalteng berdasarkan data tahun 2023 rendah dan di bawah nasional. Untuk tahun 2024 diharapkan bisa lebih rendahh lagi.

"Angka kematian ibu di Kalteng masih dibawah nasional. Namun, tahun 2021 dan 2022 cukup tinggi karena banyak yang meninggal akibat covid" katanya saat dikonfirmasi, Selasa, 16 Januari 2023.

Untuk 2024 katanya, diperkirakan lebih rendah. Meskipun, data kasarnya cukup tinggi akibat data kematian ibu di Kalimantan Barat (Kalbar) tercatat pusat terjadi di Kalteng.

"Mungkin ini sistem disana belum cukup bagus. Akan tetapi, dibandingkan nasional kita masih dibawah. Kalau di nasional masih tiga ratus per seratus ribu kelahiran, kita itu sudah di dua ratus per seratus ribu kelahiran sebetulnya. Saya sih mengharapkan dibawah seratus," jelasnya.

Untuk mewujudkan angka kematian ibu rendah di Kalteng. Dirinya mengharapkan komitmen bersama untuk mewujudkannya. Termasuk juga mengantisipasi pernikahan anak yang rentan, terhadap faktor kematian ibu. (MARINI/H)

Berita Terbaru