Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilih Pemula Perlu Memahami Politik agar Hak Pilih Dilakukan Sesuai Hati Nurani

  • Oleh Marini
  • 18 Januari 2024 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemilih pemula yang terdiri atas pelajar, mahasiswa atau pemilih dengan rentang usia 17 sampai 21 tahun menjadi segmen memunculkan kuantitas.

Untuk itu, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Sengkon menyebut, pemilih pemula diharapkan terlebih dahulu memahami tentang politik agar hak suara disalurkan sesuai dengan hati nurani.

Ia menilai, pemilih pemula mudah dipengaruhi kepentingan-kepentingan tertentu, terutama oleh orang terdekat seperti anggota keluarga, mulai dari orang tua hingga kerabat dan teman. 

"Saya harap pemilih pemula jangan sampai mudah ditekan pihak manapun, hak suara harus disalurkan sesuai dengan hati nurani tanpa paksaan," katanya, Kamis, 18 Januari 2024.

Selain itu, dirinya meminta pemilih pemula agar harus benar-benar cermat dan teliti. Pelajari terlebih dahulu visi dan misi calon pemimpin atau wakil rakyat.

"Pilihlah pemimpin yang benar-benar memiliki visi dan misi yang jelas demi kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Peran generasi muda atau pemilih pemula sangat penting dalam menentukan pilihan, sehingga kedepan dapat terpilih pemimpin atau wakil rakyat yang memperhatikan masyarakat.

"Kita pastinya tidak mengharapkan generasi muda tidak menyalurkan hak suaranya atau golput," imbuhnya.

Ia juga menambahkan, pada Pemilu serentak 2024 ini diprediksi jumlah pemilih muda akan mengalami peningkatan. (MARINI/j)

Berita Terbaru