Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertanian Berkelanjutan Langkah Kalteng Sangga IKN

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Januari 2024 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Bandung – Penerapan sistem pertanian berkelanjutan Kalteng dinilai sebagai langkah untuk mengokohkan Kalteng sebagai provinsi penyangga Ibukota Negara Nusantara (IKN).

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng menekankan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pertanian sudah dimulai dengan menjalin kerja sama bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Kerja sama ini sebagai pembuka dalam rangka Provinsi Kalteng sebagai Penyangga IKN. Ke depan Provinsi Kalimantan harus mampu menjadi pemasok komoditas Tanaman Hortikultura ke IKN,” kata Kepala Bidang Tanaman Hortikultura Dinas TPHP Provinsi Kalteng, dalam keterangannya, Jumat, 19 Januari 2024.

Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan benchmark Dinas TPHP Provinsi Kalteng ke daerah sentra komoditas.

Hal ini menjadi langkah mewujudkan pelaksanaan program pembangunan pertanian Kalteng berkelanjutan yang berbasis teknologi dan digitalisasi.

Kerja sama TPHP Kalteng dan BRIN selain untuk Riset Sustainable Smart Greenhouse komoditas hortikultura, juga sebagai langkah untuk mendorong pengaplikasian smart farm dan greenhouse di tingkat petani. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru