Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Kalimantan Tengah

  • Oleh Pathur Rahman
  • 29 Januari 2024 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya  - Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Muhammad Ihsan Sidiq menginformasikan bahwa kondisi cuaca di Kalimantan Tengah pada hari ini umumnya berawan hingga hujan ringan.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa ada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalteng.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem ini, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan gangguan listrik,” ujar Sidiq, Senin, 29 Januari 2024.

Menurut Sidiq, suhu udara di Kalimantan Tengah berkisar antara 23 derajat selsius hingga 33 derajat selsius. Kelembaban udara berkisar antara 55 persen hingga 100 persen. Angin umumnya bertiup dari Utara ke arah Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 Kilometer perjam.

Sidiq menambahkan bahwa cuaca ekstrem ini dipengaruhi oleh adanya pertemuan massa udara basah dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik di sekitar wilayah Kalimantan. “Ini menyebabkan terbentuknya awan-awan konvektif yang dapat menghasilkan hujan lebat dan angin kencang,” jelasnya.

Sidiq berharap masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG melalui website, aplikasi, media sosial, atau saluran lainnya. 

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap isu-isu yang tidak bertanggung jawab mengenai cuaca, seperti hujan es, hujan darah, atau gempa bumi,” pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru