Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Lowongan Kerja Palsu, Ini Imbauan Kepala Dinas Tenaga Kerja Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 29 Januari 2024 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tenaga Kerja Palangka Raya, Amandus Frenaldy, mengimbau kepada masyarakat Palangka Raya agar waspada dengan adanya lowongan kerja palsu yang beredar di media sosial dan pesan singkat.

Menurut Amandus, lowongan kerja palsu biasanya menawarkan posisi di perusahaan ternama dengan gaji dan tunjangan yang menggiurkan, namun meminta pelamar untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu dengan alasan biaya administrasi atau lainnya.

“Jangan mudah tergiur dengan lowongan kerja yang terlalu muluk-muluk. Cek dulu kebenaran informasi lowongan kerja tersebut di situs resmi perusahaan atau portal pekerjaan yang terpercaya,” ujar Amandus dalam keterangan persnya, Senin, 29 Januari 2024.

Amandus juga menyarankan agar masyarakat Palangka Raya tidak memberikan data pribadi, seperti nomor telepon, alamat email, atau nomor rekening kepada pihak yang tidak dikenal. Hal ini untuk menghindari kebocoran data yang bisa dimanfaatkan oleh penipu untuk melancarkan aksinya.

“Jika Anda mendapatkan panggilan wawancara kerja, pastikan lokasi dan waktu wawancara tersebut jelas dan sesuai dengan standar perusahaan. Jika ragu, sebaiknya konfirmasi dulu dengan pihak perusahaan yang bersangkutan,” tambah Amandus.

Amandus juga mengingatkan agar masyarakat Palangka Raya melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan atau menjadi korban penipuan lowongan kerja. Hal ini penting untuk mencegah penipuan serupa terjadi kepada orang lain.

“Kami berharap masyarakat Palangka Raya tetap waspada dan berhati-hati dalam mencari pekerjaan. Jangan sampai tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. (PATHUR/j)

Berita Terbaru