Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Turunkan Tingkat Kasus Rabies dengan Vaksinasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Januari 2024 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengatakan bahwa cara menurunkan peningkatan kasus rabies dapat dilakukan dengan cara vaksinasi.

"Salah satu yang dapat menurunkan kasus rabies ialah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk vaksinasi rabies hewan peliharaannya seperti anjing, kucing, dan kera," kata drh Eko pada Rabu, 31 Januari 2024.

Eko menjelaskan bahwa di tahun 2023 lalu ada dua kasus rabies pada kucing sementara tahun sebelumnya hanya terjadi pada anjing.

"Hal Ini membuktikan bahwa saat ini kesadaran masyarakat terhadap penyakit rabies atau HPR semakin meningkat, sehingga penularan tidak saja pada anjing namun pada kucing pun dapat terdeteksi berkat laporan dari pemilik hewan peliharaan," tuturnya.

Eko mengingatkan bahwa vaksinasi rabies di Kota Palangka Raya saat ini bisa dilakukan dengan menghubungi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka dan meminta agar vaksinator datang ke rumah.

"Sudah ada vaksinator yang siap akan datang ke rumah masyarakat untuk melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah, jadi sudah tidak sulit untuk mendapatkan vaksin rabies," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru