Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingatkan Peran Aktif Masyarakat Mencegah DBD

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Februari 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengingatkan kepada masyarakat agar berperan aktif dalam upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ia mengatakan, terlebih lagi disaat musim hujan seperti sekarang ini masyarakat harus waspada dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

"Karena disaat musim hujan akan ada air yang tergenang, nah disitu pastinya tempat berkembangbiak nyamuk apalgi ditumpukan sampah-sampah, pastikan bahwa lingkungan bersih," ucapnya, Kamis, 1 Februari 2024.

Selain itu, Duwel juga mengingatkan agar masyarakat selalu menguras bak mandi seminggu sekali, membersihkan wadah penampungan air lainnya, dan juga ketika tidur agar menggunakan kelambu.

"Dirumah juga jangan sampai ada dibiarkan tempat-tempat yang menjadi potensi sarang nyamuk seperti pakaian digantung, dan lain sebagainya. Kita harus aktif dalam mencegah penyebaran DBD," ujarnya.

Di sisi lain, ketika masyarakat mengalami gejala DBD agar dapat melakukan upaya pertolongan pertana misalnya memperbanyak minum air putih, kompres hangat, serta meminum obat pereda demam.

"Jika tidak kunjung sembuh dalam waktu 2-3 hari masyarakat jangan membiarkan, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat Puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru