Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Peran PBS Menekan Angka Pengangguran

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Februari 2024 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry mendorong peran perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Kalteng ini berperan aktif dalam upaya menekan angka pengangguran.

Henry mengatakan, PBS yang beroperasi disuatu daerah di provinsi ini harus dapat lebih memprioritaskan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja yang berasal dari masyarakat lokal.

"Terutama yang ada disekitar perusahaan itu beroperasi. PBS dalam merekrut tenaga kerja lokal minimal 60-70 persen, itu penting sebab perusahaan harus lebih mengakomodir SDM lokal," ucapnya, Senin, 5 Februari 2024.

Kontribusi dari PBS membantu pemerintah dalam rangka menekan angka pengangguran sangat diharapkan, dan apabila kebutuhan tenaga kerja belum memiliki skill supaya dapat diberikan pelatihan sesuai kemampuannya.

"Disini pemerintah juga harus aktif bekerja sama dengan PBS dalam hal menyediakan tenaga kerja dengan memberikan pelatihan, sehingga SDM lokal kita bisa mendapat kesempatan," ujarnya.

Di sisi lain, ia pun mengapresiasi bagi PBS yang sudah memprioritaskan tenaga kerja dari SDM lokal, dan bagi PBS yang belum sepenuhnya mengakomodir tenaga kerja lokal supaya dapat lebih memperhatikan hal itu.

"Seperti di wilayah Murung Raya, disana ada PBS yang telah mengakomodir tenaga kerja lokal lebih dari 60 persen. Harapan kita PBS diseluruh daerah di Kalteng ini bisa melakukan hal yang sama," tandasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru