Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peternak Kalteng Diingatkan Waspada Serangan Flu Burung, Terutama 2 Kabupaten ini

  • Oleh Marini
  • 15 Februari 2024 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kenaikan harga daging ayam ras beberapa hari ini diduga terjadi akibat maraknya kasus flu burung di daerah pemasok, yakni Kalimantan Selatan (Banjarmasin).

Sehingga, Kabupaten Barito Timur atau Bartim dan Kapuas diingatkan harus waspada terhadap ternak-ternak yang masuk ke daerahnya. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalteng Sunarti mengatakan, flu burung menyerang ayam-ayam yang terdapat di daerah asal sehingga pasokan untuk Kalteng berkurang. 

“Kita tidak bisa mendatangkan pasokan ayam sembarangan, karena takut menularkan ke unggas lokal, karena saat ini pun sudah tertular di Barito Timur,” katanya, Kamis, 15 Februari 2024.

Menurutnya, kondisi demikian terjadi sejak pertengahan Januari 2024 kemarin. Untuk mengantisipasi fenomena penyakit yang sama agar tidak terjadi di daerah-daerah lainnya.

Pihaknya selektif melakukan pemilahan mana saja unggas-unggas yang tidak sehat dan yang sehat. 

“Kami selektif dengan memastikan bahwa ternak-ternak yang masuk ke Kalteng itu sehat,” ucapnya. 

Pihaknya juga, tidak dapat melakukan pemberhentian penerimaan komoditas ayam ras dari daerah pemasok, sebab perdagangan membutuhkan akses yang bebas. 

"Hanya saja, melakukan pengawasan yang lebih ketat untuk memastikan hewan ternak yang masuk ke Kalteng dalam keadaan sehat," tuturnya.

Dirinya menjelaskan, jika ada pos lalu lintas ternak, pihaknya melakukan pengawasan oleh para petugas ada di sana. Ia juga menuturkan, sampai saat ini, harga ayam masih terdampak akibat fenomena ini. 

Berita Terbaru