Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Anjir Serapat Tingkatkan Pencegahan Penyakit DBD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Februari 2024 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - UPT Puskesmas Anjir Serapat, Kecamatan Kapuas Timur meningkatkan pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Puskesmas Anjir Serapat, Adi Irawan mengatakan dalam upaya pencegahan bertambahnya kasus pihaknya selalu aktif memberikan edukasi ke masyarakat wilayah Kecamatan Kapuas Timur agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah masing-masing.

Juga mengajak semua lintas sektor dan seluruh masyarakat rutin melakukan kegiatan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), membagikan tablet abate ke masyarakat.

"Bersama Dinas Kesehatan Kapuas, kita  melakukan fogging masal di beberapa tempat yang menjadi lokasi kasus DBD," katanya, Selasa, 20 Februari 2024.

Sedangkan, untuk penanganan pasien DBD yang sudah positif DBD, fasilitas UGD dan ruang rawat inap UPT Puskesmas Anjir Serapat buka 24 jam. 

Sehingga semua pasien yang  positif DBD bisa ditangani di ruang rawat inap UPT Puskesmas Anjir Serapat.

"Kecuali untuk kasus DBD disertai dengan komplikasi perdarahan, maka akan kita lakukan rujukan ke rumah sakit," ucapnya.

Ia menyebutkan tahun ini memang ada peningkatan kasus dibandingkan tahun tahun sebelumnya, jumlah kasus DBD di kecamatan ini sampai dengan minggu kedua bulan Februari sebanyak 23 kasus. (DODI/H)

Berita Terbaru