Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DP3AKB Barito Timur Gelar Sosialisasi dan Advokasi Pembentukan Forum PUSPA

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Februari 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Barito Timur menggelar sosialisasi dan advokasi pembentukan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA), Kamis, 29 Februari 2024.

Plt Kepala DP3KB Barito Timur Panahan Moetar melalui Sekretaris DP3AKB Hotmaria Manik mengatakan, Forum PUSPA diharapkan mampu mendorong upaya mewujudkan kesetaraan gender, perlindungan perempuan, pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

"Forum PUSPA juga diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," ujarnya.

Hotmaria menjelaskan, tugas Forum PUSPA adalah memberikan masukan dalam menyusun kebijakan, melakukan kajian dan pengawasan, serta pencegahan serta pengurangan risiko terhadap pelaksanaan upaya pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak.

Menurutnya, dalam mencari solusi untuk melindungi perempuan dan anak, akan lebih optimal dengan melibatkan peran akademisi, dunia usaha, komunitas dan media yang bekerjasama dengan DP3AKB mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, sampai dengan tahap evaluasi.

"Saya berharap Forum PUSPA ini dapat membantu mempercepat pemberdayaan perempuan, mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan menghentikan perdagangan anak," kata Hotmaria.

"Saya meminta forum semacam ini dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga dapat menghasilkan outcome (dampak) yang strategis dalam mendukung program pemerintah, utamanya terkait pemberdayaan, perlindungan, sekaligus pemenuhan hak perempuan dan anak,” lanjutnya.

Kepada seluruh peserta sosialisasi dan advokasi pembentukan Forum PUSPA, Hotmaria mengajak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi mencari solusi pemecahan masalah terkait perempuan dan anak.

Sosialisasi dan advokasi pembentukan Forum PUSPA menghadirkan narasumber Kabid Data dan Informasi DP3APPKAB Provinsi Kalteng, Murjani.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan pula sosialisasi Pergub Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Program Hapakat Usaha Bawi Lewu oleh Bidang Kualitas Hidup Perempuan DP3APPKB Provinsi Kalteng dan Praktik Baik Forum PUSPA sebagai Penggerak Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan narasumber Ketua III Forum PUSPA Provinsi Kalteng Hj Lily Hadianie. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru