Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfosantik Barito Timur Pantau Penyebaran Hoaks di Media Sosial

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Maret 2024 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Komunikasi Informasi, Persandian dan Statistik atau Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur terus memantau penyebaran informasi palsu atau hoaks di media sosial.

Langkah tersebut dilakukan sebagai respons terhadap kekhawatiran akan potensi gangguan informasi yang dapat mempengaruhi stabilitas sosial Barito Timur menjelang Pilkada 2024.

“Kami, Diskominfosantik Barito Timur berkomitmen untuk menangani penyebaran hoaks dengan melakukan pemantauan media dan media sosial secara aktif. Jika kami menemukan konten yang merugikan dan melanggar aturan, kami akan mengevaluasi dan mengambil langkah untuk menghapus atau menariknya,” kata Kepala Diskominfosantik Barito Timur Dwi Aryanto, Selasa, 5 Maret 2024.

Saat ini Diskominfosantik juga tengah membekali diri dengan mengikuti pelatihan aplikasi monitoring sistem deteksi konten dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), lembaga pemerintah yang fokus pada keamanan informasi dan keamanan siber.

“Dengan bergabung dalam sistem patroli siber nasional, kami berharap dapat lebih responsif dalam menanggapi konten-konten negatif, terutama yang berkaitan dengan Pemilu, termasuk Pilkada Bartim 2024," lanjut Dwi.

Dia menegaskan, Diskominfosantik akan melakukan pemantauan secara aktif dan segera mengambil langkah penanganan jika ada konten yang melanggar aturan atau berpotensi menimbulkan keresahan.

Karena itu Diskominfosantik Barito Timur telah menjalin kemitraan dengan sistem deteksi konten BSSN serta menunjuk petugas pengelola hoaks Barito Timur yaitu M Yudha Maulana, Zulkifli dan Sulidia Eka Setiano. 

“Nama-nama petugas pengelola hoaks Kabupaten Barito Timur telah disampaikan ke Diskominfosantik Provinsi Kalteng di Palangka Raya,” ungkap Dwi Aryanto. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru