Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tertibkan Balap Liar Jelang Ramadan, Satlantas Polres Kobar Sita Puluhan Sepeda Motor

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Maret 2024 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menyita 88 sepeda motor yang digunakan untuk ajang balapan liar di area Satdion Sampuraga Baru, Jalan Samari II, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman melalui Kasatlantas AKP Ghanda menerangkan, sepeda motor itu hasil Operasi Keselamatan Telabang 2024, digelar selama 10 hari mulai tanggal 1 - 10 Maret 2024.

"Seluruh kendaraan roda dua yang terjaring razia tersebut sudah kami lakukan penindakan berupa penahanan kendaraan dan sanksi tilang. Bisa dikeluarkan setelah lebaran," ucap Ghanda, saat dikonfirmasi pada Senin, 11 Maret 2024.

Dalam hal cooling system jelang Ramadhan ini, lanjut Ghanda, pihaknya juga mengeluarkan 124 tilang dengan jenis pelanggaran didominasi oleh knalpot yang tidak sesuai spesifikasi (knalpot brong) dan pengendara di bawah umur yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Menurutnya, untuk menangani balap liar yang kebanyakan melibatkan anak di bawah umur, polisi memerlukan penanganan khusus,  tidak hanya membubarkan dan menahan sepeda motor mereka, tetapi juga melakukan tindakan persuasif dengan cara mengimbau orangtua.

Peran orangtua diperlukan karena para pelaku balap liar merupakan anak di bawah umur dan pelajar yang secara hukum belum dewasa dan tidak memiliki surat izin mengemudi, sesuai yang diatur dalam Undang-undang Lalu Lintas.

"Selain itu, kendaraan juga tidak sesuai spesifikasi standar pabrikan. Dimana suku cadang motor dan knalpot yang digunakan sudah tidak lengkap dan modifikasi," tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau seluruh unsur masyarakat agar ikut terlibat dalam menjaga situasi kamtibmas, khususnya jelang Ramadan sehingga tercipta rasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah. (DANANG/Y)

Berita Terbaru