Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerataan dan Disiplin Nakes jadi Fokus dr Tonun Setelah Resmi Jabat Kepala Dinkes Kapuas Definitif

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Maret 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - dr Tonun Irawaty Panjaitan telah resmi menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas pada Rabu, 13 Maret 2024.

Setelah mengikuti pelantikan dan pengambilan janji jabatan bersama dua pejabat pimpinan tinggi pratama lainnya oleh Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, bertempat di Ruang rapat Rujab Bupati Kapuas.

dr Tonun yang beberapa waktu terakhir menjabat sebagai Sekretaris Dinkes Kapuas sekaligus merangkap Plt Kepala Dinkes tersebut kini telah resmi menjadi pejabat definitif Kepala Dinkes, setelah mengikuti rangkaian seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Kapuas di akhir tahun 2023 lalu.

Saat ditemui seusai pelantikan, dr Tonun Irawaty Panjaitan menyampaikan hal-hal yang menjadi fokus atau konsen dirinya di Dinkes Kabupaten Kapuas, diantaranya terkait pemerataan sebaran tenaga kesehatan (nakes) dan disiplin.

"Setelah dilantik menjadi definitif, sebenarnya ini hanya melanjutkan apa yang sudah saya laksanakan ketika menjabat sebagai Plt, tetapi ada satu yang jadi konsen bagi saya dengan status saya yang definitif ini untuk pemerataan nakes, itu yang menjadi langkah utama," kata dr Tonun kepada wartawan.

Dia menuturkan, ketika dirinya menjabat sebagai Plt Kepala Dinkes, terdapat keterbatasan kewenangan untuk membuat nakes merata di seluruh Kabupaten Kapuas.

"Itu nanti yang menjadi target saya, diharapkan semua desa seperti yang diharapkan pemimpin daerah nakes merata di semua tempat dan juga kedisiplinan nakes itu sendiri," tuturnya.

Kendati demikian, dirinya akan melihat dulu bagaimana sebaran Nakes yang ada, apakah itu tertumpuk di kota atau tidak, apabila tertumpuk akan dilakukan penyebaran. 

"Kalau memang di tempat yang lainnya itu tidak ada nakes, kita akan mengusulkan adanya penerimaan CPNS atau PPPK. Diharapkan tempat tempat yang nakesnya tidak ada bisa segera terpenuhi. Atau apabila nakes yang sudah ada tetapi jarang di tempat itu, akan kita disiplinkan kembali," tegasnya. 

(DODI/Y)

Berita Terbaru