Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 Hari Operasi Keselamatan Telabang 2024, 146 Pengendara Ditilang ETLE

  • Oleh Pathur Rahman
  • 15 Maret 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dalam sebelas hari pelaksanaan Operasi Keselamatan Telabang 2024 yang digelar oleh Polda Kalteng beserta jajaran Polresta, Polres dan Polsek, ada 146 pelanggar telah ditilang melalui sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Rinciannya, 123 ditilang melalui ETLE statis dan 23 lainnya melalui ETLE mobile.

Ditlantas Polda Kalteng tidak hanya mengimplementasikan sanksi penilangan tetapi juga memberikan surat teguran, dengan total 4.320 surat telah diberikan hingga 14 Maret 2024.

Dirlantas Polda Kalteng, Kombes Pol RS Handoyo, melalui Kabagbinopsnal AKBP Suwarno mengatakan, terjadi penurunan pelanggaran yang ditindak melalui ETLE dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama, meskipun jumlah teguran meningkat sebesar sembilan persen.

"Pelanggaran yang paling sering terjadi adalah tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara roda dua dan tidak memakai safety belt bagi pengendara roda empat. Karyawan swasta, pelajar, mahasiswa, dan pengemudi merupakan kategori yang paling sering melakukan pelanggaran," katanya, Jumat, 15 Maret 2024.

Selain itu, terdapat 29 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan lima korban jiwa dan sembilan luka berat selama operasi ini. Meskipun terjadi peningkatan 38 persen dalam angka kecelakaan dibandingkan periode sebelumnya, jumlah korban jiwa menurun sebesar 29 persen.

Upaya preemtif dan preventif terus dilakukan oleh Ditlantas untuk mengurangi pelanggaran dan kecelakaan. Ini termasuk kegiatan pengaturan, pengawalan, dan patroli di lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan, serta pemasangan spanduk himbauan di titik-titik rawan kecelakaan.

Ditlantas juga aktif melakukan sosialisasi pendidikan lalu lintas kepada pelajar, supir, buruh, dan komunitas motor. Tujuannya adalah untuk mendorong masyarakat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Operasi Keselamatan Telabang 2024 menunjukkan komitmen yang kuat dari pihak berwenang dalam meningkatkan keselamatan di jalan raya dan mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Kalimantan Tengah," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru