Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Survei ISDS: Kehadiran China di Laut Cina Seatan Bisa Jadi Ancaman

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Maret 2024 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Survei Indonesia Strategic and Defence Studies atau ISDS dan Litbang Kompas menyebutkan bahwa kehadiran China di laut China selatan dianggap menjadi ancaman bagi negara Asean termasuk Indonesia.

"Berdasarkan survei, sebesar 78,9 persen publik menjawab China ancaman bagi Asean di laut China Selatan," kata Peneliti Litbang Kompas, Dimas Okto Danamasi pada Selasa, 19 Maret 2024.

Hal ini disampaikan Dinas dalam kegiatan webinar Menjaga Kedaulatan dan Mencari Kawan di Laut China Selatan yang diselenggarakan ISDS melalui zoom virtual sore tadi.

"Kehadiran China di laut China Selatan dianggap menjadi ancaman bagi negara ASEAN di Indonesia, hampir mayoritas responden melihat bahwa China itu datang sebagai ancaman," tutur Dimas.

Dimas menjelaskan bahwa responden yang memilih China sebagai ancaman bagi negara Asean sebesar 78,9 persen, sementara yang menjawab keuntungan 16,5 persen, dan tidak tahu 4,6 persen.

Hal ini disampaikan pula oleh Menko Polhukam, Hadi Thahjanto. Dalam kesempatan yang sama Hadi meminta agar permasalahan Laut China Selatan ini dapat disikapi dengan hati-hati.

"Kita dapat melihat permasalahan di Laut Cina Selatan ini melibatkan banyak pihak. Jika salah perhitungan bisa menyebabkan konflik yang merugikan bersama," katanya membuka kegiatan tersebut.

Hadi menyebut bahwa perlu kehati-hatian dalam menangani konflik dan menyikapi dinamika situasi yang berkembang.

"Salah perhitungan akan membawa pada situasi konflik yang akan merugikan bersama," tegasnya.(TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru