Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lawan Stunting, Pemko Palangka Raya Luncurkan 3 Intervensi Strategis

  • Oleh Hendri
  • 26 Maret 2024 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan tiga intervensi strategis untuk mengejar target penurunan stunting berikut pencegahannya.

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, menekankan pentingnya pendekatan komprehensif untuk mengatasi masalah gizi buruk yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pertama melakukan Intervensi Spesifik, program ini dirancang untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi ibu hamil dan anak-anak di bawah lima tahun.

"Melalui pemberian makanan tambahan dan suplemen, Pemko bertekad untuk memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh sehat dan kuat," katanya, Selasa, 26 Maret 2024.

Kedua, Intervensi Sensitif, ini mengakui bahwa stunting tidak hanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi, intervensi sensitif fokus pada peningkatan akses ke air bersih, sanitasi yang baik, dan pendidikan kesehatan.

"Program ini untuk menciptakan lingkungan yang mendukung agar anak-anak dapat berkembang dalam kondisi optimal," ujarnya.

Terakhir Intervensi kepada Calon Pengantin (Catin) sebagai langkah pencegahan dengan mengintegrasikan edukasi kesehatan reproduksi dan nutrisi ke dalam program persiapan pernikahan.

Calon pengantin akan mendapatkan informasi dan pelatihan tentang pentingnya nutrisi sebelum dan selama kehamilan, yang merupakan faktor kunci dalam pencegahan stunting.

"Dengan ketiga intervensi ini kami berharap dapat mengurangi prevalensi stunting dan memberikan generasi mendatang fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih cerah," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru