Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MIN 5 Palangka Raya Buka Puasa Bersama dan Bagikan Zakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 April 2024 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 5 Kota Palangka Raya menggelar acara buka puasa bersama di madrasah, Jumat, 5 April 2024 lalu. Acara ini dihadiri oleh peserta didik kelas III sampai dengan kelas VI, tenaga pendidikan dan kependidikan, tokoh agama, komite dan masyarakat sekitarnya.

Acara diawali dengan pembacaan shalawat Nabi dan surah-surah pendek Al-Quran oleh siswa. Memasuki acara inti kegiatan dibuka dengan pembacaan QS. Al-Baqarah : 183 oleh Wilfi Azyzah Putri, sambutan-sambutan, tausiyah agama oleh Aryanta Damar Yudhistira, doa dan zikir bersama sebelum berbuka.

Kepala MIN 5 Kota Palangka Raya, Muhamad Asran Dirun dalam keterangan resminya pada Minggu, 7 April 2024 mengatakan bahwa puasa hanya diwajibkan bagi orang-orang yang beriman.

"Makanya sebutan di awal QS. Al-Baqarah : 183 Allah memanggil dengan kalimat "Wahai orang-orang yang beriman". Oleh karenanya panggilan mesra Allah tersebut kita sambut dengan senang hati dan ikhlas untuk mengerjakan puasa Ramadhan sebulan penuh, dengan harapan, setelah puasa selesai kita menjadi orang yang bertakwa," terangnya.

Namun ukuran takwa ini hanya bisa diliat menurut Asran setelah bulan Ramadan berakhir Apaka aktivitas sholat, puasa, sedekah, dan perbuatan baik lainnya tetap dilakukan di luar bulan Ramadan.

Acara buka puasa bersama ini merupakan momentum untuk menjalin silaturahmi antar warga madrasah. Di samping itu juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian sosial.

"Semoga semangat kebaikan ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi kita semua," harapnya.

Dari hasil penerimaan zakat fitrah, infak dan sedekah MIN 5 Kota Palangka Raya, maka berhasil terkumpul zakat fitrah berupa beras sebesar 75,6 Kg, zakat fitrah berupa uang sebesar Rp4.047.000 dan infak sebesar Rp800.000, dengan jumlah muzaki 111 orang.

Hasil zakat tersebut sudah dibagikan pada Sabtu, 6 April 2024 kepada fakir miskin 40 orang, fiisabilillah 6 orang dan amil 12 orang. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru