Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dikbud Kobar Berharap Guru Turut Berikan Pendidikan Karakter Anak di Luar Sekolah

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 21 Mei 2024 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Plt Kepala Dinas Dikbud Kobar, Jamri menyampaikan anak-anak perlu juga mendapatkan pendidikan karakter di luar sekolah.

Kedisplinan anak-anak di sekolah tidak selamanya dibawa ke dalam masyarakat, salah satunya budaya membuang sampah pada tempatnya. Ia melihat sejauh ini para murid sudah disiplin dalam membuang sampah di sekolah. 

Tapi, anak-anak sekolah ketika sedang menghadiri ataupun menonton suatu acara di lingkungan masyarakat, ia melihat anak-anak tidak disiplin seperti membuang sampah sembarangan.

"Makanya kami berharap kepada guru didiklah anak ibaratnya kalau disiplin jangan hanya ditempat-tempat tertentu harus sama semua, dimana aja dia berada harus disiplin, termasuk budaya kepedulian terhadap lingkungan," ujarnya, Selasa, 21 Mei 2024.

Jamri mengatakan memberikan pendidikan karakter anak tidak hanya tugas dari tenaga pendidik yang berada di sekolah. Namun, para orang tua murid diharuskan untuk turut serta mengajarkan kedisplinan pada buah hatinya.

"Orang tua jangan sebagai pelaku yang membuang sampah sembarangan, ya itu perilaku yang salah, tapi kita sebagai orang tua ya harus mencontohkan pada anaknya, mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan," katanya. (NURITA/R)


TAGS:

Berita Terbaru