Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAD Sebagai Sumber Anggaran Perlu Terus Ditingkatkan

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mengatakan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai sumber anggaran terutama untuk pelaksanaan pembangunan perlu terus ditingkatkan.

Dalam upaya meningkatkan PAD ini pastinya pemda harus dapat memaksimalkan berbagai potensi strategis yang dapat menghasilkan pendapatan daerah misal salah satunya yakni pada sektor pajak dan retribusi.

"PAD memiliki peran vital dalam mendukung keberlangsungan pembangunan daerah, maka dari itu pemda perlu terus berupaya meningkatkan PAD melalui optimalisasi potensi strategis," katanya, Selasa, 21 Mei 2024.

Jubair menegaskan bahwa pemda harus memaksimalkan pemanfaatan berbagai potensi yang dimiliki untuk meningkatkan penerimaan daerah terutama melalui pajak dan retribusi.

Hal ini meliputi peningkatan kualitas layanan perpajakan, pengawasan yang ketat terhadap objek pajak, serta efisiensi dalam pemungutan retribusi guna mencapai target pendapatan yang optimal.

Selain itu, potensi lain juga harus dimaksimalkan misalnya melalui perusahaan daerah (Perusda). Pasalnya, perusda memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan PAD, sehingga dari segi pengelolaan dan pengembangan agar bisa dilakukan dengan sebaik mungkin.

Di sisi lain, dirinya berharap PAD Kalteng setiap tahun bisa terus mengalami peningkatan, sehingga hal itu dapat menciptakan pembangunan berkelanjutan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta terwujudnya kemajuan daerah Kalteng secara menyeluruh.

"Yang pasti kita mengapresiasi upaya-upaya pemda selama ini yang telah berupaya meningkatkan PAD Kalteng, hasilnya pun bisa terlihat setiap tahun PAD mengalami peningkatan. Harapan kita tentu upaya itu bisa terus dilakukan dan tahun-tahun berikutnya PAD Kalteng terus meningkat," tukasnya. (DONN D/R)


TAGS:

Berita Terbaru