Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Pelaksanaan Kajian Kesesuaian Lahan pada Daerah Lingkar Tambang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Mei 2024 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Profesor Rahmawaty menyampaikan tujuan dilaksanakannya kajian kesesuaian lahan pada daerah lingkar tambang.

Hal ini disampaikan Profesor Rahmawaty dari Universitas Sumatera Utara atau USU yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Pertanian Spesifik Lokasi Berbasis Hasil Analisa Kesesuaian Lahan di 15 Desa Lingkar Tambang untuk Pertanian Berkelanjutan melalui Program PPM Community Development PT Agincourt Resources, Batangtoru.

"Tujuan pelaksanaannya ialah melakukan survei kesesuaian lahan di 15 Desa/Kelurahan," kata Prof Rahmawaty dalam rilisnya pada Selasa, 21 Mei 2024.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kondisi lahan yang sesuai dengan komoditi yang umum terdapat di lokasi dan komoditi introdusir yang kemungkinan dapat dikembangkan di lokasi kajian tersebut.

"Komoditi yang dipilih seperti tanaman pangan berupa padi sawah, padi gogo, jagung, ubi kayu, dan ubi jalar. Lalu tanaman palawija seperti kacang tanah dan kedelai. Ada juga tanaman hortikultura seperti cabai merah, bawang merah, dan mentimun. Terakhir ialah buah-buahan seperti alpukat dan durian," tuturnya lagi.

Selain itu, lanjut Prof Rahmawaty, pihaknya juga melakukan analisis dan pemetaan kesuburan serta kesesuaian lahan di 15 Desa/Kelurahan, juga memberikan rekomendasi perbaikan kesuburan tanah.

"Kita juga mensosialisasikan hasil survei kesesuaian lahan kepada masyarakat di wilayah desa lingkar tambang dan stakeholder terkait lainnya," bebernya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru