Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Simulasi Pemilihan Bupati Kobar Rusuh

  • 04 Juni 2016 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tidak terima dengan hasil penghitungan suara, salah satu pihak memaksa masuk dan bertemu Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotawaringin Barat (Kobar). Petugas gabungan dari Brimob Polda Kalteng, Polres Kobar, TNI, Satpol-PP dan Damkar langsung terjun ke TKP, mengamankan situasi. Demikian simulasi aparat keamanan dalam mengantisipasi kemungkinan Pilkada Kobar rusuh.

Dalam simulasi pengamanan Pilkada Kobar 2017, Jumat (3/6/2016) itu, massa yang terlanjur beringas memaksa menerobos barikade petugas. Bentrokan pun tidak terhindarkan hingga petugas menurunkan kendaraan water canon dengan menyemprotkan air ke arah kerumunan massa.

Mendapat serangan balik, massa kembali menyerang petugas. Akhirnya tim anarki dari Brimob bersenjata lengkap diturunkan. Beberapa kali tembakan peringatan tidak diindahkan, terpaksa petugas melumpuhkan salah satu perusuh yang dianggap sebagai provokator. 

Satu perusuh tampak terkapar di tengah jalan, meski sejumlah massa berusaha menarik dan menyelamatkan temannya, namun upaya itu sia-sia. Si provokator yang berhasil dilumpuhkan langsung diamankan tim anti anarki untuk dibawa ke Mapolres Kobar.

Demikian rangkaian pra simulasi (gladi bersih) pengamanan Pemilihan Bupati (Pilbub) Kabupaten Kobar yang digelar tim gabungan di Jalan Iskandar (Depan Mapolsek Arut Selatan).

Kapolres Kobar, AKBP Heska Wahyu Widodo melalui Kabagops Kompol Novianto mengatakan, simulasi pengamanan Pilbub itu agar tim gabungan memiliki gambaran bagaimana menghadapi tindakan yang mengganggu keamanan dalam pelaksanaan pemilihan orang nomor satu di Bumi Marunting Batu Aji.

"Kegiatan itu ditujukan agar anggota yang terlibat terlatih dan profesional dalam menangani massa jika sewaktu-waktu terjadi kerusuhan," katanya.

Selain itu, simulasi dilakukan untuk mengetahui secara langsung kesiapan personel tim gabungan dalam pengamanan Pilbub Kabupaten Kobar yang sebentar lagi akan berlangsung.

"Meskipun setiap personil sudah siap dalam mengamankan proses Pilbub, kami tetap berharap Pilbub berjalan dengan aman, tertib dan lancar sehingga masyarakat dapat memilih pemimpin sesuai dengan harapan semua pihak," tandasnya. (CR-1/N).

Berita Terbaru