Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Beberapa Penyakit Mengintai Anda Pasca Lebaran

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Juni 2016 - 19:49 WIB

BORNEONEWS,Palangka Raya-Sebentar lagi Hari Kemenangan bagi umat Muslim akan menyapa. Hari Lebaran ini biasanya identik dengan banyaknya aneka hidangan yang tersedia. Ini karena selama satu bulan, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa sehingga saat Lebaran perayaan yang dilakukan diwarnai dengan makan-makan sepuasnya.

Tapi harap Anda berhati-hati, berbagai makanan yang tersedia dan dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Jangan setelah melaksanakan ibadah yang juga memiliki unsur kesehatan karena menahan haus dan lapar justru Anda jatuh sakit karena berlebihan saat Lebaran.

"Kalau penyakit sih relatif ya, biasanya penyakit-penyakit lama kambuh. Artinya bukan setelah makannya lalu tiba-tiba sakit tapi penyakit kambuhan karena makan sesuatu jadi kambuh," ungkap Kabid Diklit, Pengembangan SDM dan Humas RSUD dr. Doris Sylvanus, dr. Theodorus Sapta Atmadja.

Penyakit kambuhan ini dicontohkannya seperti kolesterol, hipertensi, diabetes, dan sebagainya. Ini lantaran banyaknya jenis makanan mulai dari manis, asin, pedas dan bersoda yang mampu menarik penyakit lama bersemi kembali.

"Selain itu bisa juga muncul penyakit akibat kotoran dan sampah. Biasanya kan kalau sudah kelelahan lalu piring-piring kotor dan sampah jadi malas membersihkannya. Tapi ini yang bisa menimbulkan sakit perut dan sebagainya," tegasnya.

Dokter Theo menyarankan agar selama merayakan Hari Kemenangan jangan sampai kita melupakan unsur kebersihan terlebih karena kebanyakan ibu-ibu ditinggal asiaten rumah tangga mudik.  (TP/)

Berita Terbaru