Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lebihi Kuota, Balon Kades Batu Tunggal Jalani Fit And Proper Test

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Agustus 2016 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebanyak 6 bakal calon kepala desa (balon kades) Desa Batu Tunggal, Kecamatan Bulik Timur, Kabupaten Lamandau, Senin (8/8/2016) menjalani fit and proper test. Uji kelayakan dan kepatutan, yang diikuti para calon kades, 4 laki-laki dan 2 perempuan ini, berlangsung di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Lamandau.

"Fit and proper test tersebut terbagi dua bagian, yakni tes tertulis dan wawancara yang masing-masing bobotnya memiliki poin 50 persen. Untuk tes tertulis terdiri dari pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan waktu 45 menit," ungkap Kepala Bagian Pemerintahan Setda Lamandau, Triadi, di Nanga Bulik, Senin (8/8/2016).

Sedangkan untuk tes wawancara, diketahui bahwa akan ada 3 tim penilai, terdiri dari asisten pemerintahan, Tahan Sandi (bidang pengetahuan umum), kepala Inpektorat, Penyang Lanen, (bidang integritas dan kepribadian) dan kepala BPMD Lamandau, Hj. Endang Rustiningsih (bidang pengetahuan tentang desa).

"Fit and proper test ini memang diperuntukan bagi desa yang jumlah balon kadesnya lebih dari 5 serta ke semuanya memenuhi syarat," bebernya.

Desa Batu Tunggal merupakan desa pertama yang memiliki balon kades lebih dari lima dan mengajukan fit and proper test. Ketentuan tersebut sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan pemerintahan desa. Dimana balon kades di satu desa dibatasi dengan jumlah maksimal 5 orang.

"Hasil dari fit and proper test ini akan dibuatkan ranking, mulai dari nilai terendah sampai tertinggi," sebutnya.

Dengan begitu, kata Triadi, peringkat lima teratas nantinya akan direkomendasikan kepada panitia pilkades tingkat desa untuk dijadikan pertimbangan ditetapkan sebagai calon kades setempat. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru