Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Hadiri Upacara Puncak Buntang

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 13 September 2016 - 11:09 WIB

BORNEONEWS, Baraito Selatan - Bupati Barito Selatan, HM Farid Yusran menghadiri puncak acara adat Buntang Leluhur Lawangan Bawo, di Desa Patas, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), kemarin. Kehadiran Farid Yusran, yang tak lama lagi bakal mengakhiri masa jabatannya itu, didampngi Sekda H Edi Kristianto, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Barsel.

Uniknya, sebelum prosesi upacara penutupan berlangsung, Bupati dan rombongan diberi kesempatan untuk menari Giring Giring bersama warga setempat.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari di lingkungan Balai Basarah Hindu Kaharingan tersebut, ditutup dengan upacara penyembelihan kerbau oleh tetua adat setempat.

Dalam sambutannya Farid Yusran mengatakan, kehadirannya beserta rombongan  di Desa Patas, sebagai bentuk toleransi antarumat beragama, agar selalu tergalangnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kalau saya menilai, kegiatan ini juga sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya kita sebagai masyarakat Barsel," ujarnya kepada PPost di lokasi tersebut.

Ditambahkannya, apapun yang menjadi keyakinan warga setempat untuk menghargai para leluhurnya dalam acara adat Bontang Leluhur Lawangan Bawo, harus selalu kita hormati dan hargai.

"Kerena itu lah wajah Barsel yang penuh dengan keanekaragaman keyakinan, namun tetap dalam satu tujuan bersatu untuk membangun Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus," tutup Farid Yusran. (H. LAILY MANSYUR/N).

Berita Terbaru