Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Kejar Target Buka Layanan Sabtu dan Minggu

  • 16 September 2016 - 18:23 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas memberikan pelayanan ekstra, Sabtu dan Minggu buka untuk mengejar target perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Sudah dua minggu ini, dalam sehari mereka melakukan perekaman antara 80 sampai 120 orang. Jumlah ini belum yang termasuk di beberapa kantor kecamatan di Kapuas hingga ke hulu.

"Sejak Kementerian Dalam Negeri memberlakukan deadline pembuatan e-KTP, masyarakat yang ke Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP meningkat, dibandingkan pada hari-hari biasa," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Ruseni yang ditemui di kantornya, Jumat (16/9/2016).

Kalau dihitung peningkatannya sekitar 80 persen. Agar pelayanan lebih cepat dan masyarakat tidak kecewa, Disdukcapil Kapuas membuka pelayanan Sabtu dan Minggu sampai pukul 13.00 WIB. Batas perekaman medio September diperpanjang menjadi akhir Desember 2016.

"Dengan adanya batas waktu pembuatan e-KTP, kami mengimbau kepada masyarakat yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun. Baik laki-laki maupun perempuan atau yang sudah dewasa, tetapi belum memiliki KTP, agar secepatnya membuat KTP di kantor kecamatan masing-masing atau ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Kapuas, dengan membawa data diri, seperti kartu keluarga (KK) atau identitas diri yang lain. Pembuatan KTP tidak dipunggut biaya alias gratis," terang Ruseni.

Pantauan di lapangan, ada sekitar 50 warga tampak antre melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil Kapuas, di Jalan Pemuda, Kamis (15/9). Abdulhadi, warga Sei Pasah mengaku datang ke kantor ini pukul 07.00 Wib."Saya datang lebih pagi agar mendapatkan pelayanan pertama dan tdak antre,"ungkapnya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru