Para Delegasi Keraton akan Gunakan Busana Budaya Masing-Masing Saat Kirab Prajurit FKN X 2016

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 05 Oktober 2016 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Festival Keraton Nusantara (FKN) X 2016 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada 9-12 Oktober 2016 akan diisi dengan Pawai Kirab Prajurit, yang diikuti oleh seluruh kontingen delegasi keraton kerajaan dan atau kesultanan yang hadir.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Barat Gusti Immansyah mengatakan, kurang lebih 55 keraton kesultanan dan  atau kerajaan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Informasi Ketaron se-Nusantara (FKIFN) sudah menyatakan diri akan hadir pada FKN. Diperkirakan, kontingen delegasi masing-masing ketaron tersebut akan mulai berdatangan atau tiba di Kobar pada 8 Oktober 2016. 

Sesuai agenda dan jadwal kegiatan yang tersusun, kedatangan para raja dan sultan yang hadir di FKN X  2016 ini nantinya akan disambut secara formal lewat jamuan makan malam atau Welcome Dinner, yang digelar di halaman Istana Kuning, Minggu (9/10) malam mendatang.

"Welcome dinner ini kita gelar di hari pertama, sekitar pukul 19.00 WIB. Acara ini terbatas, khusus untuk para raja dan sultan serta para tamu VIP. Ditambah awak media, yang nantinya akan kita beri identitas khusus. Nanti diselingi dengan pertunjukan tari," terang Gusti Immansyah, Selasa (4/10/2016). 

FKN X 2016 di Kobar ini, lanjut Gusti Immansyah, secara resmi akan dibuka lewat upacara pembukaan yang digelar di Stadion Sampuraga Pangkalan Bun, pada 10 Oktober sekitar pukul 13.00 WIB. Pembukaan FKN X ini akan diikuti oleh seluruh kontingen dan para raja atau sultan yang hadir. Acara tersebut akan dimeriahkan oleh tarian massal tradisional yang dibawakan oleh sekitar 200 siswa-siswi sekolah se-Kobar.

"Upacara pembukaan ini sekaligus penanda dimulainya seluruh kegiatan FKN X Tahun 2016 di Kobar," katamya.

Kegiatan di hari kedua FKN ini bakal cukup padat. Setelah upacara pembukaan, kegiatan akan dilanjutkan dengan Kirab Prajurit yang akan diikuti oleh seluruh kontingen keraton kesultanan dan atau kerajaan yang hadir di FKN X. Dalam Kirab Prajurit nanti, para kontingen akan menggunakan pakaian atau busana keratonnya masing-masing.

"Delegasi akan menggunakan pakaian kerajaan atau daerahnya masing-masing. Kemungkinan nanti akan ada semacam pertunjukkan yang digelar di Kirab Prajurit nanti. Start dan finishnya di Stadion Sampuraga," jelas Gusti Immansyah.

Sesuai jadwal, selain Kirab Prajuri, terdapat sejumlah kegiatan lain yang pelaksanaan akan berlangsung serentak pada 10 Oktober 2016, yakni Pagelaran Busana Budaya Keraton, Pameran Benda Koleksi Keraton, Pagelaran Kesenian Keraton, Pameran Kuliner Tradisional, Pameran Ekonomi Kreatif dan Pasar Rakyat. Berbagai kegiatan itu akan berlangsung di halaman Istana Kuning, halaman eks rumah jabatan bupati dan atau aula Antakusuma, Pangkalan Bun. (RADEN ARYO/m) 

Berita Terbaru