Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'14.600 Bibit Kopi asal Jember Diterima Kelompok Tani Desa Sungai Lunuk

  • Oleh Supri Adi
  • 28 Desember 2016 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sedikitnya 14.600 bibit kopi asal Kabupaten Jember, Jawa Timur diterima oleh kelompok tani Desa Sungai Lunuk, Kecamatan Tanah Siang pada kegiatan yang dimotori oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Murung Raya, di Puruk Cahu, Rabu (28/12/2016). Penyerahan secara simbolis di Persemaian Desa Tahujan Ontu, Kecamatan Tanah Siang Selatan tersebut, oleh Bupati Mura Perdie M Yoseph kepada beberapa orang perwakilan kelompok tani Desa Sungai Lunuk.

"Bibit kopi asal Jember ini dipilih karena memiliki kualitas super dan cocok dibudidayakan di wilayah Kabupaten Mura. Mura memiliki iklim yang cocok untuk menamam kopi kualitas super ini, jadi tidak salah Pemda Mura melalui Disbun memberikan bantuan ini. Ada sebagian kecil juga bibit tanaman kopi ini diserahkan ke kelompok tani sekitar Cristiani Center untuk dibudidayakan," ungkap Kepala Disbun Mura, Ferdinand Wijaya, Rabu (28/12/2016).

Bupati Mura, Perdie M Yoseph dalam sambutannya mengatakan, melalui bantuan ini diharapkan para kelompok tani bisa secara mandiri melakukan perawatan agar hasil tanaman kopi tersebut sesuai yang diharapkan. "Bila dirawat secara teratur di usia 1 tahun 6 bulan bisa dilihat hasil tamanan kopi ini. Itu artinya pada tengah tahun 2018 nanti harapannya bisa ada panen perdana terhadap bantuan tanaman kopi ini."

Perdie mengemukakan, jenis kopi ini dipilih karena masih terbukanya peluang pasar. Harganya terbilang stabil sehingga besar kesempatan para petani untuk masuk dalam peluang tersebut. (SUPRI ADI/N).

Berita Terbaru