Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPA Ajak Masyarakat Tes HIV/AIDS

  • 02 Januari 2017 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), baik yang memiliki risiko tinggi ataupun rendah terhadap HIV/AIDS diajak melakukan tes HIV atau VCT (Voluntary Counseling Test).

Hal itu penting untuk mengetahui sejak dini status kesehatannya, sekaligus sebagai upaya meminimalisasi penularan HIV/AIDS. "Semakin cepat dideteksi, semakin mudah penanganannya," kata Sekretaris Komisi Pennaggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kobar, Muhammad Erfin Hidayat di Pangkalan Bun, Senin (2/1/2017).

Menurut Erfin, banyak warga yang telah terdeteksi mengidap HIV/AIDS atau orang dengan HIV/AIDS (ODHA) saat menjalani perawatan medis di rumah sakit atau puskesmas yang memiliki alat VCT.

"Ada beberapa telah masuk pada fase AIDS, dan baru terdeteksi saat melakukan perawatan medis di rumah sakit. Itu artinya dia sudah lama mengidap HIV/AIDS, tapi tidak terdeteksi karena sebelumnya tidak pernah melakukan VCT," ungkapnya.

Erfin meminta masyarakat menyadari pentingnya tes HIV/AIDS, sehingga jika ada yang diketahui terinfeksi HIV, bisa langsung ditangani. "Tanpa kesadaran itu, dapat dipastikan angka kasus kematian akibat AIDS semakin tinggi," ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat tidak takut untuk melakukan tes HIV, karena virus tersebut bisa menyerang pada siapa saja. "Mari kita saling memberi pemahaman kepada masyarakat tentang P2HIV-AIDS agar di Kobar tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi infeksi baru," harapnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru